Music Gri & Gun: 7 Variasi Gitar Unik di Seluruh Dunia

7 Variasi Gitar Unik di Seluruh Dunia

1. Lute

 
Dari Eropa Barat dalam era renaissance, gitar disebut dengan Lute. Ia mempunyai senar, leher gitar, dan berbentuk lonjong di bagian bawah. Lute orisinil dipercaya karya orang-orang Mesir, dengan kulit hewan sebagai cover. Tidak diketahui persisnya sejak kapan Lute dibuat dari papan kayu. Berkat pergerakan musik tahun 1900, Lute jadi sangat familiar dengan bentuk gitar modern.
 

2. Yueqin 

 
 Yueqin memiliki banyak nama lain: gitar bulan, moon-zither, gekkin, la ch'in, atau laqin. Ini adalah instrumen tradisional rakyat China. Seperti instrumen lain dalam daftar ini, Yueqin bagai peranakan dari Lute. Rakyat China percaya ini produk dari era dinasti Qin.

Yueqin punya empat senar, sementara yang versi modern memakai senar baja sehingga menghasilkan suara berbeda. Leher gitar dibuat tinggi dari badannya, sehingga jari tak bisa benar-benar menyentuh badan gitar.
 

3. Bouzouki 

 
  Ini dia instrumen penting dalam perkembangan musik Yunani. Bouzouki lahir dari cerita mitos kontes antara Dewa Apollo dengan Marsyas di tahun ke-4 Sebelum Masehi. Sampai kini, di Yunani, Bouzouki masih dibuat oleh tangan, dari bahan kayu berkualitas dengan ukiran-ukiran indah.



4. Baglama


 


Saz adalah nama lain Baglama. Ia dikenal di kawasan Mediterania Timur, dan paling banyak digunakan di Turki. Kebanyakan Baglama mempunyai tujuh senar yang terbagi dalam jadi tiga. Baglama diperkirakan lahir pada abad ke-8, dimanfaatkan sebagai alat musik dalam ritual orang zaman dulu. Bahkan, Baglama diperlakukan penuh hormat seperti dicium dan diusap dulu kepalanya sebelum dimainkan.

5. Balalaika

 
 Asli dari Rusia, abad ke-17, Balalaika mempunyai tubuh berbentuk segitiga yang besar. Tiga senar menyertainya. Balalaikan merupakan kreasi masyarakat awam yang tak sanggup membeli sebuah Domra. Pada akhirnya, Balalaika melambangkan perjuangan kelas buruh mencapai kehidupan lebih baik.

6. Appalachian Mountain Dulcimer 

Appalachian adalah penduduk asli Amerikka Serikat, tetapi Appalachian Mountain Dulcimer dikatakan buatan Irlandia dan Skotlandia di tahun 1800-an. Appalachian punya tiga sampai empat senar, dan biasanya dibuat dari kayu tua.

Instrumen ini kerap dimainkan di ruangan berukuran kecil dan tertutup, karena ruangan seperti itu mengeluarkan suara terbaik. Sampai kini, Appalachian masih digunakan di musik country.


7. Sitar 

 
Berterimakasihlah pada Abad Pertengahan. Sitar sudah bergaung di Pakistan, Bangladesh dan India Utara. Ketika George Harrison mengunjungi India bersama bandnya The Beatles, ia begitu tertarik pada Sitar sehingga membawanya pulang dan memakainya dalam musik The Beatles. Seketika, popularitas Sitar memuncak.

Uniknya, Sitar bisa dipasangi sampai 23 senar, tetapi hanya enam atau tujuh yang benar-benar berfungsi.

Tidak ada komentar:

Copyright © Music Gri & Gun Urang-kurai